Minggu, 16 Januari 2011

5. Bidang-Bidang Akuntansi

   1.   Akuntansi Keuangan ( Fiancial Accounting )
        Akuntansi ini adalah bidang akuntansi dari suatu entitas ekonomi secara keseluruhan. Akuntansi ini menghasilkan laporan keuangan yang ditujukan untuk semua pihak khususnya pihak-pihak dai luar perusahaan, sehingga laporan yang dihasilkannya bersifat serbaguna (general purpose).
    2.   Akuntansi Manajemen ( Management Accounting )
        Adalah akuntansi yang khusus memberi informasi bagi pimpinan perusahaan/managemen untuk pengambilan keputusan dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan.
    3.    Akuntansi Biaya ( Cost Accounting )
        Adalah akuntansi yang kegiatan utamanya adalah menetapkan, mencatat, menghitung, menganalisis, mengawasi serta melaporkan kepada managemen tentang biaya dan harga pokok produksi.
    4.    Akuntansi Pemeriksaan ( Auditing )
        Bidang ini berhubungan dengan pemeriksaan secara bebas terhadap laporan yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan, sehingga laporan akuntansi yang dibuat bisa lebih dipercaya secara obyektif.
    5.    Sistem Akuntansi ( Accounting System )
        Bidang ini melakukan perancangan dan implementasi dari prosedur pencatatan dan pelaporan data akuntansi.
    6.    Akuntansi Perpajakan ( Tax Accounting )
        Adalah bidang akuntansi yang bertujuan untuk membuat laporan keuangan untuk kepentingan perpajakan dan perencanaan perpajakan sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku.
    7.   Akuntansi Anggaran  ( Budgeting )
        Bidang ini berhubungan dengan penyusunan rencana keuangan perusahaan mengenai kegiatan perusahaan untuk jangka waktu tertentu di masa datang serta analisa dan pengawasannya.
    8.    Akuntansi Organisasi Nir Laba ( Non Profit Accounting )
        Adalah bidang akuntansi yang proses kegiatannya dilakukan oleh organisasi non laba seperti Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ), Yayasan dll.              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar